[Movie] SWADES - SAVING MY MEMORIES

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, June 15, 2012

[Movie] SWADES



Setelah bertahun-tahun tinggal di Amerika, Mohan Bhargav mendadak diserang rasa rindu pada Kaveri-amma, wanita yang bersama ibunya pernah membesarkannya. Untuk itu, Mohan akhirnya memutuskan untuk kembali ke India, menjenguk Kaveri-amma sekaligus berniat membawanya serta ke Amerika. Izin pun diurus, dan karena proyek yang akan dikerjakannya di NASA masih harus menunggu, maka Mohan mendapat izin cuti selama 2 minggu.

Sesampai di Delhi, Mohan langsung menuju panti jompo tempat Kaveri-amma selama ini tinggal. Sayangnya begitu tiba di tempat tersebut, pihak panti jompo mengatakan bahwa Kaveri-amma sudah tidak tinggal di sana lagi. Seorang wanita telah membawanya ke sebuah desa bernama Charanpur. Berbekal info tersebut, Mohan pun langsung menyewa sebuah karavan dan menuju desa yang dimaksud.

Di Charanpur, selain melepas kerinduan pada Kaveri-amma, Mohan juga dipertemukan kembali dengan Gita, teman masa kecilnya. Dari Kaveri-amma, Mohan kemudian mengetahui kalau Gita menjemput Kaveri-amma dari panti jompo setelah kedua orang tuanya meninggal dalam sebuah kecelakaan saat dirinya masih berkuliah di Delhi. Gita sendiri saat ini berprofesi sebagai pengajar di sekolah yang didirikan kedua orang tuanya di Charanpur.

Selama berada di Charanpur, Mohan menyaksikan bagaimana kehidupan negeri yang sudah lama ditinggalkannya tersebut. Listrik yang tak terjangkau, rendahnya kepedulian akan pendidikan, hingga sistem kasta yang menimbulkan kesenjangan di desa tersebut.

Dua minggu lebih tinggal bersama dengan warga Charanpur, mau tak mau hati Mohan tergerak untuk membantu memajukan desa tersebut. Maka ia pun membujuk warga desa agar bersedia mengirimkan anak mereka bersekolah, membantu membuat pembangkit listrik sehingga desa tak lagi kekurangan cahaya.

Namun apakah itu semuanya cukup? Mengingat sebenarnya masih banyak PR yang ia hadapi? Belum lagi selama berada di Charanpur Mohan akhirnya menemukan cintanya. Dan di saat masa cutinya berakhir, Mohan pun harus memilih. Kembali ke Amerika, atau tetap tinggal di India? Lalu bagaimana dengan rencananya membawa serta Kaveri-amma ke Amerika?

***
Sebenarnya sudah cukup lama saya mengetahui film Shahrukh Khan yang satu ini. Namun entah mengapa saat itu saya tak terlalu tertarik untuk menontonnya. Mungkin karena temanya bukan tentang cinta seperti yang biasa diperankan SRK.

Dalam Swades, SRK berperan sebagai Mohan Bhargav, seorang NRI (Non Resident Indian) yang sukses berkarir di NASA. Film ini sendiri diilhami dari kisah 2 orang ilmuwan India (NRI) yang memutuskan kembali ke negaranya.

Pesan nasionalisme tergambar jelas dari film ini. Beberapa scene sukses membuat mata saya berkaca-kaca, terutama ketika Mohan ditugaskan Kaveri-amma untuk menagih uang sewa tanah milik orang tua Gita pada Haridas. Bahkan bisa dibilang bagian inilah yang kemudian membutakan mata Mohan akan gambaran negeri kelahirannya.

Menonton film ini mau tak mau mengingatkan saya pada sebuah tayangan Kick Andy, dimana ketika itu bintang tamunya adalah ilmuwan kita yang bekerja di luar negeri. Saat Andi F. Noya bertanya, "Mengapa mereka tidak bekerja di Indonesia saja?", tak ada yang mampu memberikan jawaban. Dan memang pertanyaan itu tak perlu dijawab, karena kita semua sudah tahu jawabannya.

No comments:

Post Top Ad

Responsive Ads Here