[movie] Paan Singh Tomar - SAVING MY MEMORIES

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, May 23, 2012

[movie] Paan Singh Tomar



Paan Singh Tomar adalah seorang atlet steeplechase dari India dengan rekor tujuh kali kemenangan di turnamen nasional. Awal mulanya, ia berprofesi sebagai tentara India. Satu hari, karena terlambat kembali ke camp setelah cuti, Paan mendapat hukuman lari mengelilingi lapangan sebanyak tujuh putaran. Alih-alih kelelahan, Paan malah menjalani hukuman tersebut dengan santai dan mendahului kawan-kawannya yang lain. Bahkan ketika hukumannya ditambah, Paan tidak protes sama sekali dan tetap berlari sama cepatnya.

Dari sini, sang atasan melihat bakat lain dari Paan. Paan kemudian direkomendasikan untuk masuk dalam bagian atletik di camp tersebut. Awalnya Paan direkomendasikan untuk mengikuti kejuaraaan lari 5000 meter. Namun sang guru, dengan berbagai pertimbangan memintanya untuk berpindah haluan ke cabang steeplechace (palang rintang?). Karena bakat dasarnya adalah lari, maka Paan tentu saja tidak memiliki kesulitan dalam mengikuti olahraga ini. Paan kemudian dikirim ke kejuaraan nasional, dan ia berhasil keluar sebagai pemenang.

Suatu hari, sang adik datang menemui Paan di camp-nya. Kepada Paan, sang adik bercerita tentang kisruh yang terjadi di kampung halaman mereka. Sadar akan tanggung jawabnya, Paan pun memutuskan pensiun dini dari militer, dan kembali ke kampung halamannya untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di sana.
Setiba di kampung halaman, Paan mendapati ladangnya sudah dihancurkan oleh sang sepupum Bhanwar Sing. Dengan latar belakangnya sebagai tentara, Paan meminta bantuan mantan atasannya untuk menyelesaikan masalah tersebut secara damai. Sayangnya utusan yang dikirim atasannya tak mampu menengahi permasalahan antar keluarga ini.

Kondisi memanas ketika Paan mendapati putra sulungnya dikeroyok oleh anak buah Bhanwar Sing. Namun sampai tahap ini ia masih berusaha menyelesaikan masalah secara damai dengan cara melapor ke kepolisian. Berbekal statusnya sebagai 7 kali juara nasional, Paan berharap pihak kepolisian bersedia membantunya. Sayangnya lagi-lagi usahanya gagal.

Belum lagi reda amarah Paan, sekembalinya ke kampungnya, ia mendapat kabar kalau rumahnya diserang Bhanwar Sing dan anak buahnya. Istri dan anak-anaknya berhasil melarikan diri, namun sayangnya sang ibu menjadi korban. Merasa tak ada jalan lain, Paan akhirnya memutuskan bertindak dengan caranya sendiri.

***
Film ini diangkat dari kisah tragis seorang atlet India pemegang 7 kali juara nasional, Paan Sing Tomar. Awalnya saya mengira film ini berkisah tentang seorang atlet yang berpindah profesi menjadi tentara. Ternyata saya salah. Peran Paan sendiri diperankan dengan apik oleh Irrfan Khan.

No comments:

Post Top Ad

Responsive Ads Here