[book] MORIBITO - SAVING MY MEMORIES

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, May 25, 2012

[book] MORIBITO



Judul Buku          : Moribito
Penulis                : Nahoko Uehasi
Penerbit              : Matahati
Tahun Terbit       : 2009
Jumlah Halaman  : 349 halaman

Balsa, seorang ahli tombak wanita dari negeri Kandal suatu hari tanpa sengaja menyelamatkan nyawa pangeran kedua negeri New Yogo. Sebagai imbalannya, ibunda dari sang Pangeran mengundangnya untuk menginap di istana. Malamnya, ketika Balsa sedang beristirahat, tiba-tiba permaisuri datang mengunjunginya. Ternyata permintaan permaisuri agar Balsa menginap di tempatnya memiliki tujuan lain. Balsa diminta untuk melindungi putra kedua. Permaisuri yakin bahwa putranya sedang dalam percobaan pembunuhan. Hal ini disebabkan para Penafsir Bintang di negeri New Yogo yakin kalau Chagum, putra kedua raja, sedang disusupi roh jahat yang bisa membahayakan negara.

Dalam perjalanannya melindungi Chagum, Balsa meminta bantuan seorang sahabatnya, Tanda, untuk mengetahui apa sebenarnya yang sedang bersemayam di tubuh Chagum. Dan rupanya dugaan para Penafsir Bintang salah. Chagum bukan disusupi oleh roh jahat, melainkan sedang menjadi tempat persemayaman telur dari Nyunga Ro Im. Ini membuat Chagum disebut sebagai Moribito, pernjaga roh. Nyunga Ro Im sendiri merupakan makhluk yang berasal dari negeri Nayugu-sebutan untuk alam sebelah-. Dengan statusnya sebagai Penjaga Roh, maka tidak seharusnya Chagum dibunuh, melainkan harus dilindungi. Karena nantinya akan ada monster bernama Rarunga yang akan mengincar keberadaan telur tersebut dan tentunya membahayalan nyawa Chagum.


Di istana sendiri, tetua Penafsir Bintang rupanya menyadari kesalahannya. Akhirnya ia meminta Shuga, salah satu Penafsir Bintang kepercayaannya untuk membaca dokumen-dokumen dari pendiri negeri New Yogo, tentang bagaimana caranya menghancurkan Rarunga, monster yang muncul seratus tahun sekali untuk memangsa telur Nyunga Ro Im.

***

Membaca novel ini mengingatkan saya akan manga-manga yang berasal dari negeri Sakura, semacam Naruto dan lainnya. Kisah tentang penjaga roh, makhluk jadi-jadian, semua terasa tak asing lagi. Namun tentunya kali ini saya menikmatinya dengan sensasi berbeda, karena ini bentuknya novel. Novel ini merupakan pemenang Batchelder Award 2009.

No comments:

Post Top Ad

Responsive Ads Here