[Book] The Hunger Games - SAVING MY MEMORIES

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, May 1, 2012

[Book] The Hunger Games



Katniss Everdeen, adalah seorang remaja berusia 16 tahun yang tinggal di Distrik 12 sebuah negara bernama Panem. Sehari-hari ia tinggal bersama ibu dan Prim, adik perempuannya yang dua tahun lebih muda darinya. Ayahnya -seorang penambang- meninggal ketika usianya 11 tahun. Dan sejak saat itu Katniss menggantikan peran ayahnya sebagai kepala keluarga.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya, Katniss berburu berbagai binatang di hutan, dan hasil buruannya itu dijual di Hob. Dalam melakukan kegiatannya ini, Katniss bekerja sama dengan Gale, pemuda 16 tahun yang dikenalnya pada saat berburu.

Setiap tahunnya Panem mengadakan sebuah acara bernama The Hunger Game. Acara ini diadakan dalam rangka memperingati pemberontakan yang pernah terjadi di Panem puluhan tahun sebelumnya. Dalam Hunger Games ini, 24 peserta dikumpulkan dari 12 Distrik yang ada di Panem. Semua peserta tersebut kemudian akan dilatih untuk kemudian saling bunuh hingga tersisa satu orang yang bertahan dan menjadi pemenangnya.

Di hari diadakannya pemilihan, tanpa diduga peserta perempuan yang terpilih untuk mengikuti Hunger Games adalah Prim, adik perempuan Katniss. Karena rasa sayangnya pada sang adik, Katniss pun mengajukan diri sebagai peserta pengganti. Awalnya sempat ada pertentangan dengan pengajuan diri Katniss. Namun semua itu hanya berlangsung sebentar. Dan akhirnya, bersama Peeta Mellark, seorang pemuda yang pernah menolongnya, Katniss pun resmi menjadi peserta The Hunger Games ke-74.

Selama 74 tahun diadakannya Hunger Games, Distrik 12, yang merupakan kota Tambang baru memenangkan Hunger Games sebanyak 2 kali. Dan Katniss, dengan segala kemampuan dan kecerdikannya, pada akhirnya berhasil membawa pembaruan di Hunger Games ke-74 ini.

***
Sebenarnya saya agak ngeri dengan tema bunuh-bunuhan yang diangkat Suzanne Collins dalam The Hunger Games ini. Bahkan saya sempat mengira dalam novel ini akan menemukan banyak adegan pembunuhan sadis. Nyatanya, saya salah. Pembunuhan itu tetap ada, namun tidak sesadis yang saya bayangkan. Penulis juga berhasil membawa saya larut dalam kejamnya kehidupan di Panem.

Untuk Katniss, bisa dibilang saat ini saya adalah fans beratnya. Dia cerdik dan juga lincah. Lihatlah bagaimana dia berhasil mengatasi para lawannya tanpa perlu menumpahkan banyak darah. Lihat juga bagaimana dia bertahan hidup selama permainan berlangsung. Sebisa mungkin bertahan dan berusaha tetap hidup, mungkin itulah motto yang dimilikinya. Persis seperti yang dikatakan Haymitch, sang mentor.

Empat bintang untuk Hunger Games, dan Lima bintang untuk Katniss.

No comments:

Post Top Ad

Responsive Ads Here