[book] the House of the Scorpion - SAVING MY MEMORIES

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, February 3, 2012

[book] the House of the Scorpion



Matteo Alacran bukanlah manusia. Dia adalah seorang clone, diambil dari kulit Matteo Alacran tua, kemudian diletakkan dalam rahim seekor lembu, untuk kemudian dikeluarkan setelah 9 bulan. Dalam peraturannya, seorang clone ketika dilahirkan otaknya haruslah dihancurkan. Namun entah mengapa hal berbeda diberlakukan kepada Matt. Ia dibiarkan "lahir" dan tumbuh secara normal.

Di awal-awal kehidupannya, Matt tinggal berdua dengan Celia, di sebuah rumah kecil di ladang opium. Celia menyayanginya dan mengajarinya banyak hal. Hanya saja dia tak memperbolehkan Matt memperlihatkan dirinya pada siapapun. Satu hari tiga orang anak tanpa sengaja tiba di rumah kecil Celia dan melihat sosok Matt di dalam rumah tersebut. Penasaran dengan sosok yang tak pernah mereka lihat, ketiga anak tersebut kembali lagi keesokan harinya. Matt yang kesepian karena tak punya teman tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Sejak pertemuannya dengan anak-anak dari "Rumah Besar", hidup Matt berubah. Pertama-tama ia dipindahkan ke sebuah rumah dan setelah orang-orang mengetahui siapa dirinya, mereka langsung memperlakukannya seperti binatang. Beruntung Maria, -salah seorang anak yang menemukan Matt- berhasil melaporkan hal tersebut kepada ayahnya. Matt pun diselamatkan dan ditempatkan ke tempat seharusnya ia tinggal, kediaman Alacran tua.

Tinggal di Rumah Besar, Matt mendapat fasilitas yang lebih memadai. Namun meski el patron -sebutan untuk Matteo Alacran tua- melimpahinya dengan berbagai fasilitas, semua itu tak lantas merubah perlakuan orang-orang kepada Matt. Ia tetaplah seorang clone yang dijauhi dan tak pernah dianggap (kecuali jika ada el patron di sampingnya). Dan sejatinya, hanya 3 orang di tempat itu yang benar-benar tulus berteman denganya. Mereka adalah Maria -gadis yang menolongnya-, Celia -perempuan yang membesarkannya-, dan Tam Lin -bodyguard yang dipilihkan el patron untuknya.-

Tahun demi tahun berlalu. Matt tumbuh menjadi seorang pemuda yang cerdas. Dan karena ia adalah clone dari Matt Alacran tua, tentulah ia mewarisi bakat-bakat Matt Alacran. Seiring dengan kecerdasannya tersebut muncul sebuah pertanyaan di benak Matt, untuk apa sebenarnya ia diciptakan? Dan jawaban itu ia dapatkan di hari ulang tahun Steven dan Emilie, ketika el patron yang sudah berusia 148 tahun jatuh sakit untuk kesekian kalinya.

Setelah mengetahui kebenaran tersebut, tidak ada pilihan lain bagi Matt selain melarikan diri. Beruntung ia memiliki teman-teman sejati seperti Maria, Celia dan Tam Lin. Dengan bantuan mereka, Matt pun berhasil keluar dari House of Scorpion dan memulai hidup barunya.

***
Buku ini dikirimkan Dani kepada saya beberapa bulan yang lalu. Awalnya saya kurang yakin akan bisa menikmati isinya. Namun kenyataannya, bisa menyelesaikan sebuah buku nonstop selama 2 hari bagi saya sekarang ini cukuplah menandakan kalau buku tersebut menarik. Dan ya, buku ini menarik.

Berkisah tentang kehidupan seorang clone, sebuah penemuan yang dulu sempat populer namun sepertinya sekarang sudah mulai tenggelam. Bersama buku ini saya dibawa berpikir bagaimana jika clone manusia benar-benar berhasil diciptakan. Bagaimanakah mereka akan diperlakukan? Bagaimana hukum mengakui keberadaannya? Karakter Matt disini juga sangat saya sukai. Dia sangat cerdas dan meski mendapat perlakuan buruk sepanjang hidupnya, itu tidak membuatnya menjadi orang jahat atau bahkan fotokopi dari Matt Alacran tua yang sering disebut vampir oleh orang-orang sekitarnya. Hal ini tentunya tidak lepas dari bagaimana Celia dan Tam Lin mendidiknya.

Selain ceritanya yang bagus, buku ini juga memenangkan beberapa penghargaan, yakni:

National Book Award (2002)
Michaell L. Printz Award Honor Book (2003)
Newberry Medal Honor Book (2003)
ALA Notable Book of the year

Thanks for the book, Dan ^__^

No comments:

Post Top Ad

Responsive Ads Here