[Movie] Rear Window - SAVING MY MEMORIES

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, August 2, 2012

[Movie] Rear Window




Karena kecelekaan yang menimpa dirinya, L. B. "Jeff" Jeffries harus berdiam diri di apartemen tempatnya tinggal. Dengan kaki berbalut gips, ia melewati hari-hari yang membosankan tersebut dengan menyaksikan pemandangan apartemen seberang melalui jendela kamarnya. Seorang penari yang menghabiskan paginya dengan latihan menari, seorang wanita kesepian yang pada malam hari menuang sampanye untuk dirinya sendiri, sepasang suami istri yang gemar tidur di luar jendela rumah mereka, penulis lagu yang kesepian, juga Lars Thorwald, seorang salesman perhiasan yang istrinya sedang sakit.

Satu hari, Jeff merasakan kejanggalan pada salah satu penghuni apartemen di depannya. Lars Thorwald, si salesman perhiasan, pada satu malam terlihat bolak-balik keluar masuk apartemennya sendiri dengan membawa sebuah tas. Yang lebih membuatnya curiga, setelah hari itu istri Lara Thorwald tak pernah terlihat lagi di tempat tidurnya.

Jeff pun menceritakan kecurigaannya tersebut kepada Lisa Fremont, sang kekasih yang rutin mengunjunginya. Awalnya Lisa tak menggubris perkataan Jeff, sampai ia melihat sendiri keanehan pada Lars Thorwald. Keduanya pun sepakat mengambil kesimpulan kalau Lars Thorwald telah membunuh istrinya.
Setelah yakin dengan hipotesa miliknya, Jeff menghubungi Tom Doyle, rekannya yang berprofesi sebagai polisi. Pada Tom ia meminta agar segera dilakukan penyelidikan terhadap Lars Thorwald. Sayangnya penyelidikan yang dilakukan Tom menunjukkan kalau dugaan Jeff tidak benar.

Meski berat, mau tak mau Jeff harus menerima fakta-fakta yang diberikan oleh Tom. Hingga kemudian sebuah kejadian kembali meyakinkannya bahwa Lars Thorwald memang sudah membunuh istrinya. Akhirnya dengan bantuan Lisa dan Mrs. Stella, Jeff berusaha membongkar kejahatan Lars Thorwald.

***
Ini adalah film pertama Alfred Hitchcock yang saya tonton. Sebelumnya, saya hanya mengenal namanya melalui buku Trio Detektif yang sering saya baca kala SMA dahulu. Dan setelah menonton filmnya ini, saya akhirnya tahu mengapa Alfred Hitchcock disebut Raja Film Thriller.

Yang saya suka dari film ini, pertama jelas adalah idenya. Diambil dari sebuah naskah cerita pendek, Alfred Hitchcock sukses menggambarkan tentang seseorang yang menghabiskan hari-harinya dengan memperhatikan kegiatan tetangganya. Jendela-jendela yang terbuka, orang-orang yang sibuk dengan kegiatannya masing-masing, saya suka semuanya.

Lalu, tentang tokohnya, saya suka bagaimana Alfred Hitchcock menempatkan sosok perempuan dalam film ini. Pertama, Lisa Fremont, kekasih Jeff. Sebagai seorang wanita yang bekerja di bidang fashion, Lisa digambarkan sebagai wanita pintar. Beberapa kali dia terlihat berdebat dengan Jeff. Dan yang lebih penting, Lisa Fremont merupakan salah satu orang yang membantu Jeff dalam membuktikan hipotesanya bahkan kalau boleh dibilang cukup nekat dalam tindakannya.

Wanita kedua adalah Mrs. Stella. Sebagai orang yang mengurus Jeff selama sakit, ia memberikan saran-saran yang cukup bijaksana terutama pada hubungan Jeff dengan Lisa. Mrs. Stella ini juga salah satu yang membantu Jeff dalam membuktikan kesalahan Lars Thorwald.

Dan terakhir, tentang plot. Ajaib sekali menemukan saya sanggup bertahan selama hampir 2 jam hanya untuk melihat Jeff membuktikan hipotesanya. Saya bahkan tak terpikir untuk meloncat ke adegan terakhir film (yang mana cukup sering saya lakukan kalau penasaran), dan membiarkan diri saya turut larut dalam pemikiran-pemikiran Jeff. Cerita berjalan dengan santai, namun diisi dengan dialog-dialog pintar antara para pemainnya. Dan puncaknya, 15 menit jelang akhir film, saya sukses dibuat sport jantung saking gugupnya. Saya bahkan sempat menutup muka dan berhenti sejenak agar bisa mengambil nafas. Sebuah sensasi yang hanya bisa diberikan oleh film thriller yang benar-benar bermutu.

Bravo, Mr. Hitchcock!!

41 CommentsChronological   Reverse   Threaded
m4s0k3 wrote on Jul 30
nah! mantap kan :D
bambangpriantono wrote on Jul 30
Aku lagi nyedot film2 Alfred Hitchcock tapi yg dari era tahun 20an..
ayanapunya wrote on Jul 30
m4s0k3 said
nah! mantap kan :D
bangetttt...15 menit terakhir itu loh. rasa-rasanya cuma film horor yang bisa bikin aku tutup muka :D
pingkanrizkiarto wrote on Jul 30
jadi pengen nonton....
ayanapunya wrote on Jul 30
Aku lagi nyedot film2 Alfred Hitchcock tapi yg dari era tahun 20an..
saya lagi ngumpulin yang 20 film terbaiknya, mas. hehe
m4s0k3 wrote on Jul 30
saya lagi ngumpulin yang 20 film terbaiknya, mas. hehe
Hahahaa.. sudah berhasil eke racuni yaw :)))
ayanapunya wrote on Jul 30
jadi pengen nonton....
hehe. ayo dicari bu ping :)
bambangpriantono wrote on Jul 30
saya lagi ngumpulin yang 20 film terbaiknya, mas. hehe
Heheheee..beda selera
Aku suka yang film2 terawalnya
m4s0k3 wrote on Jul 30
Nonton Hitchcock bakalan rugi kalo gak merhatiin dialog sama cara dia ngambil gambar yang sering aneh2 :D
ayanapunya wrote on Jul 30
m4s0k3 said
Hahahaa.. sudah berhasil eke racuni yaw :)))
hahaha. thank you udah nge-rekomendasi-in film-filmnya, yas ;)
ayanapunya wrote on Jul 30
m4s0k3 said
Nonton Hitchcock bakalan rugi kalo gak merhatiin dialog sama cara dia ngambil gambar yang sering aneh2 :D
nah klo yang ngambil gambar aku belum merhatiin. aneh2 gimana, yas?
ayanapunya wrote on Jul 30
Heheheee..beda selera
Aku suka yang film2 terawalnya
saya baru nonton film yang ini kok. jadi belum tau bakal suka yang mana :)
tintin1868 wrote on Jul 30
di hbo apa di axn ya lagi seru tuh..
ayanapunya wrote on Jul 30
di hbo apa di axn ya lagi seru tuh..
diputar di HBO, mba tin?
m4s0k3 wrote on Jul 30
nah klo yang ngambil gambar aku belum merhatiin. aneh2 gimana, yas?
sudut pengambilannya unik dan gak konvensional
jampang wrote on Jul 30
mantap kayanya ya mbak :)
ayanapunya wrote on Jul 30
jampang said
mantap kayanya ya mbak :)
iya, mas rifki. filmnya bagus :)
ayanapunya wrote on Jul 30
m4s0k3 said
sudut pengambilannya unik dan gak konvensional
ooo..ntar deh klo nonton film yang lain kuperhatiin :)
nora23 wrote on Jul 30
dnlot dmana pyn ka? pina rami :D
hensamfamily wrote on Jul 30
aku baru nonton dua.
Psycho dan Vertigo.
ayanapunya wrote on Jul 30
@ nora: di torrent. hehe
@abi: gimana 2 film itu, abi? seru?
nora23 wrote on Jul 30
ulun blm pernah donlot di torrent... kada paham :D
hensamfamily wrote on Jul 30
@abi: gimana 2 film itu, abi? seru?
yang jelas ide thrillernya original.
kasih aku link download Rear Window ini dong, Yan.
masfathin wrote on Jul 30
Huaaa huaaaa *fakirdonlot
lafatah wrote on Jul 31
Yang bikin film The God Father juga, bukan?
Jadi ingat Teh Rinurbad kalau omongin thriller :)
masfathin wrote on Jul 31
@Fatah : bukan Tah. Kl Godfather yg bikin Ford coppola. Tp emang bener, Hitchcock ini terkenal sama karya2 thrillernya dan seingatku mb Rini emang suka. *kangen mb Rini
ayanapunya wrote on Jul 31
yang jelas ide thrillernya original.
kasih aku link download Rear Window ini dong, Yan.
wah, saya dapatnya di torrent, abi. bisa donlot di torrent?
ayanapunya wrote on Jul 31
masfathin said
Huaaa huaaaa *fakirdonlot
aku pake internet kantor :D
masfathin wrote on Jul 31
Beruntungnyaaa... Di kantorku yg bisa inet-an cuma di lab. :(
ayanapunya wrote on Jul 31
masfathin said
Beruntungnyaaa... Di kantorku yg bisa inet-an cuma di lab. :(
alhamdulillah. nggak tau sampai kapan bisa donlot sepuasnya kayak gini :D
thebimz wrote on Jul 31
wah sepertinya bagus ini.. pernah di TV ga?
ayanapunya wrote on Jul 31
thebimz said
wah sepertinya bagus ini.. pernah di TV ga?
nggak tau, bim. kayaknya sih pernah
m4s0k3 wrote on Jul 31
nggak tau, bim. kayaknya sih pernah
ehem ehem







WAAAAKAKAKAKAKAKAKAKAKAK
ayanapunya wrote on Jul 31
m4s0k3 said
ehem ehem







WAAAAKAKAKAKAKAKAKAKAKAK
masih belum nyerah aja ngejodoh-jodohin gue sama bimo, yas?
m4s0k3 wrote on Jul 31
Tenang aja. Bimo tipe yang abis komen trus ngilang.. Ga bakal nyadar dia di-cengin :))


thebimz wrote on Aug 1
masih belum nyerah aja ngejodoh-jodohin gue sama bimo, yas?
haha.. jadi mau ketemu sama Yana. kemarin sih ga sempet ketemu :D
*hayolo yas*
ayanapunya wrote on Aug 1
moga satu saat bisa ketemu ya bim :-)
*nunggu yasdi balik ke sini
m4s0k3 wrote on Aug 1
Gayung bersambuuuuttt :)))
ayanapunya wrote on Aug 1
m4s0k3 said
Gayung bersambuuuuttt :)))
lempar gayung ke yasdong
m4s0k3 wrote on Aug 1
Kyaaaa.. Yana malu-maluuuuu aaaaaawwww *jerit sambil bawa pom-pom*
ayanapunya wrote on Aug 1
huahahahaha

2 comments:

cipicip.bogspot.com said...

waah film lama.. cari ah..

Antung apriana said...

minta sama om yasdong aja, bude ;)

Post Top Ad

Responsive Ads Here